W E L C O M E T O M I N 1 A M B O N

Friday 21 June 2013

Kesan dan Pesan Perpisahan

KESAN DAN PESAN PERPISAHAN
SISWA KELAS 6 MIN 1 AMBON TAHUN 2013

Bismillahi Rahmani Rahim

Assalamu ‘alaikum wr. wb.

Yang terhormat bapak kepala madrasah, bapak/ibu guru yang sangat kami hormati dan kami sayangi.

Salam rindu dan sayang dari kami semua, wahai guru-guruku sayang.

Ketika kami masih balita, kami tidak mengenal apa-apa, kami tak mengenal apa itu pengorbanan? Apa itu kasih sayang? Apa itu huruf? Apa itu angka?  Semua tidak kami tahu dan tidak kami kenal.

Orang tua kami mengantar kami ke sekolah ini. Dengan bangga dan bahagia  ketika orang tua kami memandang kami dengan seragam merah putih juga berjilbab. Namun hati kami sangat takut. Karena hari itu, pertama kalinya kami dilepaskan oleh orang tua kami untuk dibimbing, didik, diajar oleh orang lain, yaitu guru-guruku semua yang tersayang.


Ketika orang tua kami melangkah meninggalkan kami dan memberikan kami kepadamu wahai guruku sayang. Semula kami takut...... Namun senyumanmu, sapaanmu, belaianmu mampu menghapus ketakutan kami itu, dan kami akhirnya menjadi anak-anakmu wahai guruku.

Engkau mulai menuntun tangan kami yan kaku untuk menulis huruf demi huruf, angka demi angka. Bibir-bibir kami kau ajak untuk mengucapkan kata “BISMILLAH”. Kau mngajarkan salam yang bijak kepada kami. Kau ajarkan kami ilmu dan hikmah, dan akhirnya kami dapat mengenal huruf......., angka......, dan juga dapat membaca dan mengaji.

Terkadang kami nakal...... sampai membuat engkau marah, bahkan terkadang kami sampai membuat engkau menangis. 

Kami tidak sadar bahwa engkau guruku. Waktu engkau datang ke sekolah untuk mengajar dan mendidik kami, terkadang engkau dalam keadaan lapar. Mungkin anakmu sementara sakit, kau tinggalkan anak-anakmu. Mungkin beban ekonomi keluargamu sementara membuat engakau wahai guruku sementara sempit. Tapi engkau selalu tersenyum membimbing kami, semuanya hanya untuk kami.

Hari ini kami sadar, kami akan berpisah denganmu wahai guru-guruku.......... Ikhlaskanlah kami pergi meninggalkan sekolah ini. Ikhlaskanlah ilmu yang engkau berikan kepada kami.  Jangan pernah lupakan kami...., Maafkanlah kami, bila kami nakal selama ini. Kami berjanji padamu wahai guru-guruku, nasehatmu, janjimu akan kami ingat selalu dan akan kami baktikan untuk semua orang. Doakan kami wahai guru-guruku agar kami dapat menjadi anak-anak yang sukses, yang beriman dan bertaqwa kepada ALLAH.

Andaikan ALLAH SWT memberikan masa depan kami yang sukses. Pintu rumah kami selalu terbuka untukmu guruku. Datanglah kepada kami, walau hanya seteguk air yang kamu minum dari kami akan sangat menyejukkan hati kami. Jangan lupakan kami.... Walaupun kami sudah berada di sekolah lain. Tapi sampai mati, kami ini masih murid-muridmu.  Karena darimu kami dapatkan ilmu dan kehidupan.

Teman-temanku sekalian...... Hari ini kita akan berpisah dengan guru-guru kita, tapi bukan untuk berpisah untuk selamanya. Teman-temanku, ingatlah jasa guru-guru kita karena mereka adalah orang tua kita juga.

Selamat berpisah ibu guru............... Selamat berpisah bapak guru.............. Kami semua mencintaimu. Doa kami menyertaimu......


Wassalamu ‘alaikum wr. wb.

Kesan dan pesan ini disampaikan oleh Septi Chandra Prastiyo, mantan siswa MIN 1 Ambon pada acara perpisahan tanggal 20 Juni 2013.

No comments:

Post a Comment